Minggu, 03 April 2016

Recording - Home Recording

Recording sendiri atau lebih dekenal dengan home recording,
dulu saat pertama kali saya mendalami dunia music, pernah terlintas pertanyaan ini, “bagai mana cara rekaman sendiri?”, bayangin aja recording di studio paling murah 800 ribu, itu juga recording yang abal-abal, yang hasilnya belum tentu memuaskan, di tambah lagi personil yang keadaan ekonominya sama seperti saya, tambah susah untuk bisa recording di studio L. Saya yakin kondisi seperti ini bukan terjadi hanya kepada saya, pasti di antara kalian juga ada yang mengalami hal ini, terutama yang baca artikel ini. Ok sekrang saya mau share tentang tatacra rekaman sendiri atau bahasa kerennya home recording.

Ada beberapa hal penting yang harus di perhatikan saat membuat home recording, di antaranya :
- Cpu – cpu anda harus bagus, karena kebanyakan software recording melakukan process yang cukup banyak.
- Ram – saya sarankan anda memasang ram min 2Gb untuk standar recording, penggunaan vst serta plugin akan memakan ram yang cukup banyak.
- Hardisk – kalo ini tergantung kalian, tapi pengalaman saya saat recording dengan cubase, satu project bisa memakan 5Gb bahkan lebih, apa lagi jika banyak kesalahan dalam recordingnya mungkin bisa memakan 10Gb, jadi mungkin kalian bisa memperhitungkannya.
- Sound Card – ini yang paling penting dalam recording, sound card, jika sound card tidak mendukung, hasil recording akan tidak memuaskan, jika kalian menggunakan sound card realtek hd audio, itu cukup untuk melakukan recording dengan hasil yang memuaskan (ini dari pengalaman saya).

Bahan yang kalian perlukan saat melakukan recording :
PC / Laptop (ini sudah pasti)
Speaker / Headphone (output)
Gitar (instrument)
Kabel
Mixer (optimal)
Kopi & rokok (optimal)

Gitar >> pc / laptop (record) >> out. Gambaran yang pertama, Ini yang paling dasar dalam recording, untuk home recording, ini sudah cukup bagus, tapi tidak untuk di sejajarkan dengan hasil recording di studio.
Gitar >> laptop (efec) >> laptop (rcord) >> out. Gambaran yang ke dua, Dari pada menggunakan plugin sebagi efec, kenapa tidak menggunakan efek sebelum pc / laptop (record), kalian bisa menggukanan effect gitar atau effec plugin pada pc / laptop dengan output menuju laptop (record), di samping itu bertujuan menghemat ram.
Gitar >> mixer >> laptop (record) >> out. Gambaran yang ke tiga, hasil yang di dapat cukup baik, dengan menggunakan mixer apalagi dengan mixer yang bermerek seperti Yamaha, atau lainnya, bisa mendapatkan hasil suara yang bagus.
Gitar >> pc / laptop (efec) >> mixer >> pc /laptop (record) >> out. Gambaran yang ke empat, ini yang saya paling sarankan untuk anda, penggunaan efec serta mixer yang mendukung, bisa menjadi suatu paduan suara yang sangat bagus, dan hasilnya tidak kalah bagus dengan hasil recording di studio.
Tambahan:
Mungkin di antara kalian tidak sedikit yang mempedulikan kualitas kabel, tapi saat recording kabel juga mempunyai peranan penting, di antranya kualitas suara yang di hasilkan, dan besar kecilnya noise yang keluar. Semakin bagus kabel yang di gunakan semakin bagus pula suara yang di hasilkan dan lebih kecil noise yang ke luar. Jika anda bertanya “kabel apa yang bagus untuk recording?”, saya sarankan anda memakai kabel bermerek “Professional Noiseless”.
Saya juga newbe, dan saya hanya sharing dengan ilmu yang saya dapat, bagi pro yang baca artikel saya, dan terdapat kesalahan mohon di maafin, dan mari kita sharing di sini.

0 komentar:

Posting Komentar

Cari

Note

Bagi kalian yang ingin request tutorial, silahkan kirim email ke skaysighsonigimi@gmail.com, dan mari kita sama-sama belajar.

Like Us

Populer